Artikel Populer

Minggu, 06 Januari 2013

KURSUS PELATIHAN INSTRUKTUR LITERASI INFORMASI PAKET A, ANGKATAN PERTAMA

Wah tidak terasa sudah dua tahun saya absen menulis dan menengok blog ini. Sulit sekali rasanya kembali mengisi blog ini setelah sekian lama tidak menulis. Tapi ternyata kesibukan saya tersebut membuahkan hasil lho... selama tahun 2012 ini beberapa pekerjaan saya di tahun-tahun sebelumnya ternyata di apresiasi tanpa saya duga dalam pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIKTENDIK) berprestasi tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI. Wah ternyata disain dan MOU kegiatan Kursus literasi informasi yang saya kerjakan dapat berfungsi menjadi "kendaraan" untuk maju dari tingkat KOPERTIS III (berhasil meraih juara pertama) menjadi finalis 15 besar Nasional, dan meraih posisi 6 terbaik di tingkat Nasional. Mari kita ikuti realisasi dari disain perencanaannya dalam artikel saya berikut ini.


Tanggal 4-6 Desember 2012 lalu, perpustakaan kami The Johannes Oentoro Library bekerjasama dengan Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan UNPAD mengadakan realisasi dari desain kursus yang saya rancang, dan berhasil dibuatkan MOU nya dengan pihak UNPAD. Kursus ini merupakan kegiatan serupa workshop IL yang diadakan oleh kami pada tahun 2010 yang lampau, namun sifatnya lebih detil dan serius. Dengan kursus ini, para peserta akan memperoleh sertifikat kelulusan beserta nilai untuk Paket A-C, dan mereka yang lulus ketiga paketnya akan memperoleh lagi sertifikasi untuk menjadi instruktur literasi informasi, yang disahkan oleh UNPAD.

Para peserta kursus berfoto bersama pembicara
Bapak Putu Laxman Pendit menjadi pembicara utama dalam acara ini, beserta dengan beberapa pembicara dari UNPAD, British International School dan UPH. Setelah mengikuti acara ini para peserta mengikuti ujian akhir(teori) yang dilaksanakan dengan menggunakan Moodle, dan langsung bisa melihat nilai mereka.

Rencananya, batch ke 2 dari kursus Paket A akan diadakan lagi di UNPAD Bandung, pada bulan Februari 2013 yang akan datang. Bagi rekan-rekan pustakawan yang ingin memperdalam wawasan pengetahuan akan literasi informasi, silahkan mendaftarkan diri di UNPAD dan tunggu berita selanjutnya dari website perpustakaan kami  di http://library.uph.edu

Ayo maju terus kepustakawanan Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar